Tuesday, August 11, 2009

TROJAN OH TROJAN

Tadi komputer saya telah dimasuki trojan dan beberapa virus lain. Akibatnya beberapa data saya rosak. Dari mana asal usul trojan ni. Begini ceritanye.......
Trojanadalah sejenis virus yang dapat menyebabkan komputer kita dikendalikan oleh orang lain.Dengan kata lain Trojan ini adalah "penyusup" kedalam komputer kita. Tapi kebanyakan orang masih belum mengetahui istilah Trojan itu berasal darimana. Dalam artikel kali ini saya akan coba menjelaskan asal-usul dari istilah Trojan.
Istilah Trojan Horse(Kuda Troya) berasal dari mitologi Yunani yaitu pada saat terjadinya perang Troya. Dalam peperangan tersebut, pasukan Yunani melawan pasukan kerajaan Troya. Pada saat itu pasukan Yunani telah mengepung kota Troya selama lebih dari 10 tahun. Namun, karena pasukan Troya cukup kuat maka pasukkan Yunani sulit untuk mengalahkannya. Setelah sekian berpikir bagaimana cara menaklukkannya maka pasukkan Yunani membuat sebuah strategi dengan membuat sebuah kuda raksasa yang terbuat dari kayu. Kuda ini sangat besar dan berongga sehingga pasukkan Yunani bisa masuk kedalamnya.
Pasukan Yunani pura2 mundur dan memberikan kuda kayu raksasa tersebut sebagai hadiah. Dengan bantuan dari seorang spionase Yunani bernama Sinon, penduduk kota Troya berhasil diyakinkan untuk menerima kuda raksasa tersebut dan memasukkanya kedalam kota. Pada malam harinya, pasukkan Yunani yang didalam kuda tadi keluar kemudian membuka gerbang kota Troya dan diserang. Dengan cara tersebut kota Troya dapat dikuasai oleh Yunani.Kisah epik tadi telah mengilhami para Hacker untuk menciptakan "penyusup" ke komputer orang lain yang disebut dengan Trojan Horse.

Itulah asal mula nama dari virus Trojan..

4 comments:

  1. eh kalu tak silap sy dlm filem mat saleh ade citer pasal tektik ni untuk masuk ke kubu pihak lawan..tp tak ingat citer nyer..citer lawan2 la..

    ReplyDelete
  2. Sharikat anti virus tu yang patut di kokakkan.

    ReplyDelete
  3. bukan serbuk pencuci ade name trojan ker...ehh....ade yang kene ni kang...jngan mrah...saje nak alihkan kerisauan tentang H1n1..dah lemas pakei mask nie...

    ReplyDelete
  4. Salam,
    Trojan is a powerful name. My 4SRT is example of Trojans!!!

    ReplyDelete